Sunday, December 13, 2009

Tidak Bisa Komen Di Blog Dengan Mozilla dan Indosat 3G

Baru mulai ngeblog lagi kebiasaan blogwalking mulai dilakukan tapi ada satu masalah yang bikin sebel yaiu tidak bisa komen diblog saat menggunakan browser mozilla dan koneksi Indosat 3G, setelah mencari info di google ternyata masalah seperti ini memang sudah ada sejak lama pada pengguna Indosat 3G.

Awalnya saya pikir Komentar blog yang bermasalah adalah browser mozilla karena saat saya coba dengan IE ternyata kotak komentar bagian profile bisa tampil dengan sempurna, tapi setelah menemukan artikel Tidak Bisa Meninggalkan Komentar Pada Blogger (Komunitas Bantu Membantu) maka saya tahu bahwa yang bermasalah adalah "Indosat 3G", tapi kejadian ini baru saya alami bulan Desember 2009 dan hanya saat menggunakan browser mozilla.

Solusinya seperti yang ditulis pada blog komunitas-bantu-membantu.blogspot.com adalah dengan menggunakan proxy, caranya :
Tools - option - advance - network - settings, "Manual proxy configuration"
Atau gunakan opera 10, karena saya tidak mengalami masalah tidak bisa komen saat menggunakan opera 10, dan untuk blogger bisa mengganti format/penempatan kotak komentar (Comment Form Placement) menjadi Pop-up window atau Full page tidak lagi menggunakan Embedded below post.

Seperti yang saya sudah jelaskan masalah ini memang sudah ada sejak lama, tapi karena baru bulan ini saya mengalaminya, jadi ga ada salahnya saya tulis juga, kalo ga mau repot ganti proxy pakai aja opera 10