Thursday, July 30, 2009

Saya Ditipu Browser Internet

Anda pernah tertipu ?, tapi kali ini saya tertipu oleh browser internet yang saya gunakan yaitu mozilla. Sebetulnya beberapa kali saya melihat ada yang aneh dengan hasil pencarian saya di google, karena hasilnya kadang-kadang berubah drastis, artinya saat saya melakukan pencarian tiba-tiba hasilnya berubah yang tadinya dihalaman satu google akhirnya hilang entah kemana, tadinya saya pikir ini karena google sedang merubah posisi hasil pencariannya.

Keanehan yang paling saya sadari betul yaitu ketika saya mencari sesuatu di google dengan menggunakan dua browser yaitu Internet Explorer dan Mozilla saya sangat kaget karena hasilnya berbeda tadinya saya pikir google error ?, tapi saat saya perhatikan ternyata beberapa blog yang muncul dihalaman pertama ternyata blog yang pernah saya kunjungi dengan menggunakan mozilla dan kebetulan saya juga login ke gmail & blogger.com dengan mozilla dan belum logout. Sedangkan Internet Explorer baru saya gunakan saat melakukan pencarian.

Daripada bingung kebanyakan baca lihat saja gambar berikut:

google sERP
Ini hasil pencarian google.co.id dengan kata kunci "EasyHits4U" sebetulnya pada hasil pencarian itu terdapat dua posting blog ini tentang easyhits4U tapi supaya gambar tidak terlalu besar maka saya potong satu. Saya cukup kaget karena posting saya berhasil mengalahkan situs easyhits4u.com halah ga mungkin banget, karena kata kuncinya saja sudah jelas Easyhits4U, ini dia yang kemarin-kemarin belum sempat saya selidiki lagi. Karena saya tidak percaya maka saya coba lakukan pencarian ulang tapi saya bersihkan history mozilla saya dan hasilnya adalah:

google indeksHasilnya beda dengan pencarian pertama, dan memang harusnya seperti pencarian kedua, ternyata broser internet bisa menipu juga haha, kalau saya perhatikan kejadian seperti ini karena browser mozilla masih menyimpan history alamat/url yang pernah saya kunjungi sebetulnya bukan cuma kasus ini saja saya alami. Ini mungkin menjawab pertanyaan seseorang yang bingung karena hasil pencarian yang ditampilkan mozilla dan opera tidak sama, mungkin saja salah satu browser yang digunakannya masih menyimpan history halaman mana saja yang pernah dia kunjungi.

Ini juga menjawab kenapa kadang saya menemukan posting saya ada dihalaman pertama dan si posisi teratas tapi saat saya cek lagi posting tersebut sudah meghilang entah kemana.
Anda pernah tertipu juga :)