Thursday, October 8, 2009

Page Rank Kembali 0

Kejadian yang menyebalkan bersama google kembali terulang, setelah dulu sempet susah terindex oleh google malah beberapa posting di blog ini menghilang begitu saja, selain itu backlink yang yang semakin berkurang pernah juga terjadi.

Walau pada bulan juli 2009 ternyata blog ini kembali normal tapi akhirnya hilangnya backlink terulang kembali, lihat gambar di bawah ini:

google page rank

Gambar sengaja saya potong supaya tidak terlalu besar


Posisi sampai 2009/03/29 blog tidak terindek google, backlink 0 (nol) walaupun jumlah backlink jika dilihat pada google webmaster masih ada, tapi backlink yang hilang ini merupakan backlink dengan PR lumayan tinggi.

- 2009/04/09 blog kembali terindeks (ada 55 artikel yang terindeks).
- 2009/06/29 blog mendapat Page Rank 1, jumlah backlink 6, jumlah indeks bertambah (81).
- 2009/07/06 backlink berkurang dari 6 menjadi 3.
- 2009/07/21 backlink kembali bertambah menjadi 8
- Backlink terus bertambah sampai 36 buah
- 2009/08/25 backlink lenyap Page Rank 0

Perhitungan backlink yang saya pakai berdasar mypagerank.net
Karena jika menggunakan situs2 lain tentu saja semua backlink akan terlihat walau itu belum tentu berpengaruh besar pada Page Rank, karena semua komentar yang kita tinggalkan pasti akan dianggap backlink, yang jadi masalahnya google hanya menganggap backlink jika blog itu dofollow (koreksi jika salah), karena berdasar info yang saya baca google lebih pelit menghitung backlink dibanding mesin pencari yang lain misalnya yahoo,msn.

Masalah ini sepertinya sudah biasa karena beberapa blog lainpun saya lihat megalami masalah sama, walau mereka tidak menggunakan blognya untuk paid review, atau banyak link keluar dari artikel-artikel yang ditulisnya, tapi ada juga blog yang dipakai (malah terlalu banyak) untuk review ternyata saya lihat nasibnya sama dengan blog ini.

Jadi tunggu aja sampai google kembali ke jalan yang benar , dengan memberikan Page rank lagi . Soalnya saya baca2 di beberapa forum ternyata banyak sekali blogger yang mengalami masalah seperti ini, dan akhirnya mereka cuma bisa menungu, karena tidak semua blog yang bermasalah itu dapat diselesaikan dengan solusi yang sama.

Buat saya masalah seperti ini sudah biasa walau sebelum2nya saya rajin banget cari backlink, karena blog ini saya buat awalnya terpaksa gara2 ada temen yang selalu tanya "gimana cara pasang link/banner afiliasi di blog ?", gimana mau jawab nyobain aja belum pernah, tapi lama2 keasikan juga sampe2 ga ngeh kalo blog dengan akun ini sudah mencapai 16 blog (blogspot) belum termasuk wordpress walau semua isinya amburadul karena buat percobaan dan blog ini sendiri sebetulnya sempet ga diurus lumayan lama , ga nyangka gara2 ditanya2 temen terus akhirnya ketagihan juga. Tapi beberapa blog yang saya pakai untuk percobaan satu persatu mulai dihapus, karena memang percobaannya sudah selesai walaupun menyisakan kebingungan.